13 Hal Sepele yang sering Salah Kita lakukan




Orang-orang melakukan banyak hal setiap hari. Mengenai 'hal-hal kecil' kebiasaan sehari-hari seperti bernapas, kumur, berolahraga, memakan beraneka ragam hidangan, telah mengembangkan berbagai kebiasaan yang dianggap masuk akal. Namun tahukah Anda kebiasaan yang dilakukan setiap hari itu belum tentu adalah kebiasaan yang baik, bahkan kemungkinan banyak di antaranya yang keliru?


Baru-baru ini, Huftington Post telah mempublikasikan sebuah artikel yang menganalisa 13 hal yang dilakukan atas dasar kebiasaan yamg bisa saja salah.

1 Bernapas
Setiap hari kita bernapas hampir 17.000 kali, namun cara bernapas kita mungkin bukan cara terbaik. Bernapas dalam-dalam dengan perlahan mendorong bagian diafragma perut adalah cara yang terbaik. Cara semacam ini dapat membantu mengurangi stres, menurunkan tekanan darah dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh seorang atlet dengan mengurangi taraf kelelahan serta meningkatkan performa olahraga.Pada kenyataannya, kebanyakan orang bernapas dengan paruparu, tetapi seringkali hanya secara dangkal. Jika kita berfokus pada pelaksanaan pernapasan mendalam seperti ini yang dapat menggerakkan diafragma, akan bermanfaat bagi kesehatan kita, terutama selama latihan.

2. Pola Makan
Perlu diketahui bahwa sarapan tidak selalu membantu menurunkan berat badan, bahkan Anda mungkin tanpa sadar telah makan terlalu banyak daging, terutama daging merah, ini tidak baik bagi tubuh Anda. Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa makanan cepat saji (fast food) merugikan tubuh Anda, tetapi dalam satu minggu, terkadang tak bisa dihindari harus makan sekali.

Dan orang-orang yang makan terlalu cepat mungkin tidak menyadari hal itu akan merusak sinyal tubuh Anda, dan menyebabkan Anda makan lebih banyak dari biasanya, tentu hal itu dapat menyebabkan obesitas.

3. Aktivitas Fisik
Banyak orang sebelum melakukan aktivitas fisik mungkin cenderung melakukan beberapa latihan peregangan, tetapi tahukah Anda, manfaat latihan peregangan ini kadang-kadang tidak seperti yang dibayangkan. Latihan peregangan ini dalam jangka pendek dapat melemahkan kekuatan otot, dan tidak mampu mengurangi rasa sakit pada otot tubuh pada saat berlatih fisik. Dan banyak orang ketika berolahraga, sering mengangkat benda yang agak ringan berulang kali, dengan anggapan kegiatan seperti itu dibandingkan dengan mengangkat beban agak berat lebih berkontribusi terhadap penurunan berat badan. Sebenarnya kegiatan semacam itu tidak berpengaruh dalam menurunkan berat badan, sudah saatnya kita menata kembali kebutuhan aktivitas fisik sehari-hari.

4. Cara Tidur
Cara tidur pada hampir 70 juta orang Amerika Serikat ternyata salah, dan dengan serius berisiko membahayakan memori, kemampuan, kreativitas, produktivitas, dan stabilitas emosional Anda. Dalam hal ini, hal yang paling penting adalah mengetahui dengan jelas berapa banyak tidur yang Anda butuhkan. Karena tidur di luar jam tidur yang tepat, mungkin saja dapat menyebabkan risiko kesehatan jangka panjang, dan bahkan bisa mempersingkat usia Anda. Tips yang dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur, termasuk olahraga sebelum tidur, mematikan ponsel Anda sebelum tidur, atau menciptakan perasaan diri Anda sangat lelah dan segera membutuhkan tidur.

5. Mempertahankan Kreativitas
Apakah Anda pikir Anda adalah seorang ahli yang bisa melakukan banyak pekerjaan pada saat bersamaan? Maka Anda salah, dan mereka yang dapat melakukan banyak pekerjaan, pada kenyataannya ialah orang-orang yang dapat dengan cepat beralih dari pekerjaan satu ke pekerjaan lainnya, namun hal itu cenderung bisa memengaruhi fokus/konsentrasi Anda. Jika Anda senantiasa ingin menggunakan kehendak Anda untuk mendorong kemajuan pekerjaan, Anda seharusnya mengetahui bahwa kemampuan Anda terbatas, sementara orang yang secara berkala melakukan istirahat secara signifikan, justru dapat meningkatkan kinerja. Selain itu, banyak orang terlalu sibuknya seolah tidak memilik waktu untuk tidur, ini juga salah, karena tidur dan istirahat dapat membuat prestasi Anda meningkat.

6. Cara Duduk
Banyak pekerja kantor begitu duduk beberapa jam berlalu, namun sebenarnya seharian duduk di meja cukup untuk mempersingkat hidup Anda, karena dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Bahkan bagi mereka yang secara teratur beraktivitas olahraga di luar rumah. Cara bekerja dengan hanya beraktivitas duduk seharian di kantor dapat menyebabkan masalah kesehatan. Kemungkinan meja kerja (setengah) berdiri memiliki prospek yang baik untuk masa depan, tetapi jika Anda masih ingin duduk dan bekerja, Anda harus mempertimbangkan beberapa tips posisi duduk dan duduk ergonomis. Tapi jika Anda sangat kaya, Anda juga dapat membeli kursi superelegan untuk memecahkan masalah ini.

7. Cara Mencuci Tangan
Anda pasti sangat yakin den¬gan cara mencuci tangan sendiri, namun pada kenyataannya, hanya 5 persen warga AS yang mencuci tangan dengan cara yang benar, bo¬leh jadi inilah kesalahan yang paling mudah kita lakukan.

Meskipun, definisi cara te¬pat mencuci tangan Anda adalah 'membasuh tangan dengan sabun dan bilas dengan air selama 20 de¬tik', tetapi sebenarnya yang bisa melakukan seperti itu tidak terlalu banyak. Dan jika Anda menggu¬nakan sabun anti bakteri, ini banyak dikritik oleh tenaga medis, bahkan lebih bermasalah, karena dengan penggunaan sabun anti bakteri dapat menyebabkan resis¬tensi antibiotik, dan bahkan meng¬hasilkan zat kimia triclosan yang dapat menyebabkan perubahan kimia dalam kadar hormon. Selain itu penggunaan sabun anti bakteri mungkin tidak mengurangi risiko si pengguna untuk tidak sakit.

Dan, tahukah Anda? Pengunaan kertas tisu untuk menyeka tangan kita, perlu digosok selama 15 detik, sedangkan dengan mesin pengering memerlukan waktu selama 45 detik baru kering. Tapi para ahli percaya bahwa efek dari kertas tisu lebih baik daripada mesin.

8. Mandi
Dalam satu minggu, berapa kali Anda mencuci rambut? Hal ini mungkin akan mencuci bersih se¬bum, semacam lemak penting, dan akan membuat rambut Anda lebih berminyak lagi. Jika sebum pada kulit kepala telah tercuci, maka kelenjar sebaceous dari kulit kepala akan membuat lebih banyak sebum sebagai kompensasi, untuk men¬jaga agar rambut Anda berminyak.

Terkadang orang (di negara dengan 4 musim) betah berlama-lama mandi berendam, menikmati rasa hangat yang nyaman, tetapi jika mandi berendam terlalu lama, akan membuat kulit Anda kering, dan jika setiap kali mandi menggunakan hampir 17 galon (80 liter) air, maka banyak bakteri sehat dalam tubuh Anda akan hanyut bersama dengan air mandi.

9. Sikap Tubuh dalam Toilet
Apakah Anda sudah sangat ter¬biasa ketika berada di dalam toilet dengan posisi duduk, tetapi sebenarnya lebih bermanfaat bagi tubuh adalah jongkok. Ingat, jangan biar¬kan tubuh Anda dalam toilet mere¬gang berlebihan.

Dan apakah Anda ada kebiasaan untuk membuka tutup kloset, mungkin perlu Anda pertimbang¬kan tentang hal ini, karena 'isi' di dalam kloset dapat mengakibatkan sikat di samping kloset men¬jadi kotor.

10. Berkumur
Sebagian besar dari kita setiap hari berkumur, tapi tahukah Anda, setelah mengonsumsi makanan yang terlalu asam atau sehabis mi¬num, Anda tidak harus segera me¬nyikat gigi, karena dengan begitu zat asam akan meresap ke dalam enamel gigi, sebaiknya menunggu sekitar 30 menit baru menggosok gigi, atau hanya berkumur dengan air saja.

Tips menggosok gigi: luangkan waktu 2 menit setiap kali menyikat gigi dan hanya gunakan jenis si¬kat gigi yang lembut, harap ber¬hati-hati untuk tidak terlalu keras menggosok gigi atau gusi.

11. Mencukur
Ada yang berpikir bahwa ram¬but semakin dicukur akan tumbuh lebih tebal, pada kenyataannya, ini adalah semacam pemahaman keliru. Selain itu, ketika mencu¬kur kumis atau bulu ketiak, Anda perlu menyiapkan cairan emulsi yang cocok dan sedikit air hangat untuk melindungi wajah, ketiak ti¬dak akan terluka oleh pisau cukur. Dan sebetulnya aktivitas mencukur lebih cocok dilakukan pada malam hari daripada pagi hari, karena kadangkala usai mencukur, kulit Anda sangat sensitif, juga membu¬tuhkan istirahat yang cukup.

12. Menghilangkan Mabuk
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Sprite mungkin adalah cara terbaik untuk dapat menghilangkan mabuk. Ketika mabuk semakin banyak orang yang menggunakan air elektrolit, tetapi kebanyakan dokter masih percaya bahwa fenomena mabuk berat selain membutuhkan penambahan cairan, juga yang lebih serius, metode terbaik meng¬hilangkan mabuk mungkin adalah waktu dan penantian, seringkali bagaimanapun diobati, alkohol yang Anda minum akhirnya harus memasuki sistem peredaran darah Anda, untuk mengoptimalkan perannya, hanya waktu dan menung¬gu, akhirnya bisa benar-benar memecahkan masalah.

13. Mencuci Baju
Tentu saja, orang sering men¬cuci baju, tapi tahukah Anda, cara Anda mendistribusi pakaian saat menggunakan mesin cuci mungkin tidak benar, maksudnya terkadang sekali memuat pakaian terlalu ba-nyak atau malah terlalu sedikit. Ke¬salahan umum lainnya adalah keti¬ka anak-anak beranjak dewasa dan meninggalkan rumah, dari waktu ke waktu membawa pakaian kotor pulang ke rumah untuk dicucikan oleh sang ibu.

 


VISIT NOW 
GET 20 % OFF FOR ORDER UNTILL 28 FEBRUARY 2014 
ONLY AT

KAOS MURAH BERKUALITAS INDONESIAN WEAR

0 komentar:

Posting Komentar